Angkasa Pura 2

Mengenal Istilah Perpal pada Bus AKAP

Koridor OtomotifSenin, 14 September 2020
Screenshot_20200914-140350

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) memang memiliki berbagai istilah yang unik. Mulai dari ngeblong, sampai kandang macan, masing-masing kata tadi memiliki artinya sendiri.

Ada satu istilah lagi yang biasa digunakan oleh kru dan penggemar bus atau bismania, yaitu perpal. Perpal biasa diartikan sebagai bus yang sedang istirahat atau libur.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, kata perpal ini berawal dari bahasa yang digunakan antar kru bus.

Screenshot_20200914-140017

“Sejak awal masuk Bismania, sudah ada penggunaan kata itu. Jadi sepertinya, awal mula kata perpal ini digunakan oleh kru bus,” kata Dimas dikutip BeritaTrans.com dari Kompas.com.

“Kata perpal ini bisa digunakan dalam kalimat, busnya perpal di Pulogebang semalam. Kalau diartikan bus nya sedang libur di Pulogebang,” kata Dimas.

Dimas mengatakan, penyebab dari perpal ini bisa berbagai macam. Bisa jadi karena bus sedang diservis atau sekadar beristirahat. Mengingat jarak yang dilewati bus setiap ritnya bisa sampai ribuan kilometer, sehingga bus perlu diservis.

Kemudian untuk istirahat, waktu tempuh yang dihabiskan bus AKAP untuk pergi ke suatu tempat bisa memakan waktu lebih dari sembilan jam. Jadi wajar saja jika bus perpal untuk beristirahat dulu sebelum narik lagi.(fhm)