Angkasa Pura 2

Syahbandar Tanjung Priok Berhasil Tangani Tongkang Batubara Miring hampir Tenggelam

DermagaTuesday, 15 September 2020

syahbandar 3

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok berhasil menangani tongkang yang hampir tenggelam ketika ingin merapat di Pelabuhan Tanjung Priok.

syahbandar 2

Tongkang Goldtrans 321 asal Sungai Puting bermuatan batubara yang sempat miring ketika mau merapat di pelabuhan Tanjung Priok, sudah berhasil ditangani tim Syahbandar Tanjung Priok dan kemudian bisa bersandar di dermaga WaliJaya.

Kapal yang tadinya hendak berkegiatan di pelabuhan Marunda, terpaksa meminta deviasi ke Priok, karena kondisi dan situasinya kurang memungkinkan untuk masuk ke Marunda.

Capt. Wisnu Hadoko menceritakan bahwa awalnya pihak kantor Syahbandar memperoleh laporan dan informasi adanya TK. Gold Ttrans 321 bermuatan batu bara yang digandeng oleh TB. Transpower 245 pada posisi area labuh sebelah barat dalam kondisi miring ±40°.

Setelah menerima laporan pada Jumat pagi (11/9/2020), petugas Seksi Patroli Bidang Penjagaan, Patroli dan Penyidikan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok mengecek ke lokasi kapal/tongkang tersebut untuk melakukan pemeriksaan dengan menggunakan armada RIB R-01

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap ABK, didapat keterangan dari Nakhoda TB. Transpower 245 bahwa TK. Gold Trans 321 diketahui miring kanan pada posisi 05°42.982 S/108°30.644 E, diduga Tongkang tersebut mengalami kebocoran pada tanki (manhole) Haluan sebelah kanan.

Setibanya kapal di area labuh Pelabuhan Tanjung Priok dan kondisi cuaca tidak berombak, crew kembali memeriksa kondisi TK. Gold Trans 321 dan ditemukan tutup manhole 6 dan 7 sebelah kanan hilang dan air masuk melalui manhole tersebut.

Capt. Wisnu Handoko berharap para pelaku usaha pelayaran supaya lebih menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran, agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.(amt/foto:humassyahbandarpriok)