Angkasa Pura 2

Menderita Covid-19, Sekda DKI Jakarta Saefullah Wafat

SDMRabu, 16 September 2020
sekda dki jakarta saefullah

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali. Surah Al-Baqarah 2:156). Kabar duka datang dari Balai Kota Jakarta. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah berpulang ke Rahmatullah, pukul 13.05 WIB.

Kepala BKD DKI Chaidir mengatakan, Saefullah menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto.
“Iya benar (meninggal). Tadi 13.05 WIB di RS Gatot subroto,” kata Chaidir kepada wartawan, Rabu (16/9).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan belasungkawa atas meninggalkan Saefullah. Anies pun meminta seluruhnya yang dapat mendoakan melakukan salah gaib bersama.

“Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi saleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita telah dipanggil pulang ke rahmatullah. Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD-GS,” kata Anies melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (16/9).

“Mohon doakan. Bagi semua segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan salat gaib untuk almarhum,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Saefullah sempat dikonfirmasi positif corona. Saefullah memang sempat dilabarkan kritis.
Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menunjuk Plh pengganti Saefullah.

Anies Baswedan menunjuk Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati sebagai Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Penunjukan Sri sebagai Plh lantaran Sekda DKI Saefullah saat ini tengah dirawat intensif di rumah sakit karena positif virus corona (Covid-19).

Penunjukan Sri itu diputuskan melalui Surat Perintah Tugas Nomor 340/-082.74. Surat tersebut ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (14/9).

“Memerintahkan Sri Haryati melaksanakan tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta,” tulis surat tersebut, Selasa (15/9).

Sri sudah bertugas sebagai Plh Sekda sejak Senin (14/9). Ia akan menjabat sebagai Plh Sekda sampai Saefullah dinyatakan sembuh dan bisa menjalankan tugasnya kembali.
Lihat juga: Sekda DKI Saefullah Positif Covid-19 Kini Dirawat Intensif

Dalam surat itu dijelaskan, selama menjadi Plh Sekda, Sri tetap menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI. Meski menjabat sebagai Plh Sekda, Sri tidak berwenang untuk mengambil atau menetapkan keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis.

Di antaranya penetapan perubahan rencana strategis, rencana kerja pemerintah dan perubahan setatus hukum kepegawaian (pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai), dikecualikan atas izin Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dapat menjalankan tugas sebagaimana pejabat definitif melaksanakan tugasnya sehari-hari.

Sebelumnya dalam sebuah pesan yang beredar di media sosial, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendoakan kesembuhan bagi Saefullah.
saefullah
Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak mengonfirmasi mengenai pesan tersebut. Naufal menegaskan, pesan itu ditulis langsung oleh Anies.

“Benar (ditulis Anies Baswedan), bantu doakan beliau segera pulih,” kata Naufal saat dikonfirmasi, Selasa (15/9).

Dalam pesan itu, Anies awalnya meminta seluruh jajaran Pemprov DKI untuk mendoakan warga Jakarta yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit, khususnya mereka yang terpapar Covid-19. Kemudian, Anies juga meminta agar jajaran Pemprov DKI untuk mendoakan Saefullah yang kini sedang dirawat intensif.

Berikut isi pesan lengkap yang dituliskan Anies kepada jajaran Pemprov DKI

Assalamu’alaikum wr wb

Semoga ibu dan bapak dalam keadaan sehat wal afiat saat menerima dan membaca pesan ini.

Saya ingin mengajak pada seluruh jajaran pemprov DKI untuk mendoakan warga Jakarta yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit, khususnya yang terpapar Covid-19.

Lebih khusus lagi, saya mengajak pada semua, pada seluruh jajaran dan keluarga untuk meluangkan waktu; benar-benar luangkan waktu bersama keluarga untuk mendoakan saudara kita, mendoakan Pak Sekda, Bapak Saefullah yang saat ini sedang dalam perawatan intensif melawan Covid-19.

Pak Sekda sedang mendapatkan cobaan yang tidak sederhana. Mari kita doakan agar beliau diberikan kekuatan dalam menjalani proses perawatan yang penuh tantangan ini. Semoga Allah mudahkan, Allah cepatkan penyembuhannya, Allah angkat penyakitnya, disegerakan pulihnya dan Pak Sekda segera bisa kembali berkumpul dengan keluarga dan dengan kita semua. Aamin aamin Allahuma aamin …

Semoga Allah swt mengabulkan, semoga Allah mengijabah doa kita semua.

Salam hormat,
Anies Baswedan

(jasmine/dari berbagai sumber/foto: kompas.com).