Angkasa Pura 2

Tak Pakai Masker, Puluhan Pengendara di Cibinong Dikenai Denda

Aksi Polisi Another News KoridorRabu, 16 September 2020
CDF71DFD-B841-447E-AE78-605DD29061C4

CIBINONG (BeritaTrans.com) – Polres Bogor bersama aparat gabungan menjaring puluhan pengguna jalan dalam Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan) di depan Cibinong City Mall, Kabupaten Bogor, Selasa (15/9/2020).

Pengguna jalan ini kebanyakan melanggar aturan tidak memakai masker saat berada di jalanan.
Para petugas menindak para pelanggar aturan protokol kesehatan ini dengan berbagai macam denda mulai dari denda uang Rp 100.000, melafalkan Pancasila, menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’, push up hingga kerja sosial menyapu taman.

Operasi tersebut yang sejak dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga berakhir pada pukul 12.00 WIB, ada lebih dari 40 pelanggar yang ditindak dalam operasi ini.

“Ada 40 pelanggar yang terjaring, 18 orang membayar, sisanya melakukan kerja sosial, melafalkan Pancasila dan push-up,” kata Ocha, satu diantara petugas Satpol PP.

Asep (56), sopir angkot, yang mengikuti sidang di tempat, memilih melakukan push-up dari pada membayar denda uang.

“Saya tidak punya uang. Penghasilan saya sebagai sopir angkot hanya Rp 30.000 per hari. Jadi, terpaksa saya pilih push-up saja,” ujar pria asal Sukabumi ini.

Sementara Nadine (16) asal Cibinong memilih untuk melafalkan sila-sila Pancasila.

“Saya tidak bawa uang. Kebetulan tadi mau keluar sebentar untuk belanja,” ujar Nadine.
Beda lagi dengan Hamzah (17), asal Cikaret, yang memilih sanksi push-up.

“Tadi mau main ke tempat teman. Kebetulan lupa bawa masker. Eh, ternyata ada operasi masker. Dari pada bayar, mendingan saya push-up saja,” ujarnya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho mengatakan denda ini cukup efektif untuk menertibkan masyarakat.

“Sejak awal PSBB hingga kini sudah ada 2.283 pelanggar yang ditindak dengan nominal mencapai sekitar Rp 20 juta,” jelas Agus.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy mengatakan operasi yang digelar oleh Kepolisian Resor Bogor bersama Satgas Covid-19 bertujuan untuk pendisiplinan protokol kesehatan sesuai Instruksi Presiden Nomor 06 tahun 2020.

“Polres Bogor dan Kodim 0621 hanya membackup dalam Operasi Yustisi yang dilakukan oleh Sat Pol PP sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 06 tahun 2020″, tutur Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy.

Operasi Yustisi ini digelar dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) demi menekan laju Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Brigjen Pol Eddy Sumitro mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengedukasi masyarakat agar terbiasa pakai masker.

“Kita ingin mengingatkan masyarakat untuk taat protokol. Kalau ada yang tidak pakai masker, kita beri sanksi berupa denda uang atau kerja sosial. Tetapi sanksi itu bukan ukuran,” kata Eddy saat meninjau Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di depan Cibinong City Mall.

Menurut Eddy, memakai masker merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus.

“Laporan dari WHO mengatakan memakai masker mengurangi potensi penyebaran virus hingga 70 persen,” paparnya.

Operasi Yustisi ini digelar sesuai Instruksi Presiden Nomor 06 tahun 2020 dan dilakukan secara serentak di 31 Polsek dan 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor.

Kegiatan Operasi Yustisi gabungan dalam rangka Pendisiplinan Protokol Kesehatan ini melibatkan 88 personil Polres Bogor, 33 personil Kodim 0621, 60 personil Sat Pol PP, 30 personil Dishub dan 5 personil Sub Denpom Cibinong.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menuturkan bahwa Operasi Yustisi ini dilakukan sebagai bentuk Operasi Kemanusiaan dalam upaya menekan laju Covid-19.

“Kita melaksanakan misi kemanusiaan dengan menegakkan Kedisplinan Protokol Masyarakat dalam situasi Covid-19,” kata Roland.

Dia berharap operasi ini dilaksanakan dengan cara persuasif agar masyarakat nyaman dengan adananya operasi ini.

“Polres Bogor dan Kodim 0621 hanya membackup dalam Operasi Yustisi yang dilakukan oleh Sat Pol PP sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 06 tahun 202″, tutup Roland Ronaldy. (dan/wartakotalive/foto: ist)