Angkasa Pura 2

Webinar Balitbanghub Tentang Penerbangan: Efektivitas Peraturan, Standar Kesehatan Sarana Prasarana

LitbangRabu, 16 September 2020
IMG_20200916_193040

IMG_20200916_193010

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Hari ini (16/9/202) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Umiyatun Hayati Triastuti membuka Webinar Series Tentang penerbangan.

Tema besar yang diangkat adalah “Efektivitas Peraturan, Standar Kesehatan Sarana Prasarana Transportasi Udara, dan Perubahan Perilaku Penggun Jasa Menuju Terbang Aman dan Nyaman”.

Umiyatun menyampaikan, tujuan selenggaraan Webinar ini untuk memeroleh masukan dan saran dari berbagai nara sumber dan dari empat perguruan tinggi yakni UI, UGM, ITB, dan ITS.

“Webinar ini juga sebagai tindak lanjut dari kesepakatan dengan empat perguruan tinggi terkait transportasi di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pihaknya bersama-sama dengan empat perguruan tinggi telah melakukan kajian dan penelitian terkait transportasi di masa pandemi ini.

Pada penelitian transportasi udara ini dilakukan oleh Universitas Indonesia dengan beberapa kajian.

Diantaranya Umiyatun menyebut Klaster pertama yakni evaluasi kebijakan terkait kebiasaan bertransportasi di pandemi Covid-19

“Klaster dua apakah benar transportasi menyebabkan penyebaran Covid-19 atau tidak,” tutur dia.

Ketiga adalah terkait ketahanan dan adaptasi selama masa pandemi covid-19 dan sejauhmana resiliensi untuk menjawab keberlanjutan transportasi umum.

“Kami menerima masukan untuk mempertajam kajian dan penelitian di masa mendatang,” ungkap Umiyatun. (omy)