Angkasa Pura 2

KRL Seruduk Sedan di Dekat Stasiun Kebayoran, Ini Kata KCI

EmplasemenKamis, 17 September 2020
Screenshot_20200917-102320

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta api commuterline pada pagi Kamis (17/9/2020) ini, sempat mengalami kecelakaan dengan sebuah mobil sedan, sehingga jadwal KRL alami keterlambataan dan tidak sesuai jadwal.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resminya menyatakan, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memohon maaf atas adanya gangguan prasarana persinyalan di lintas Palmerah-Kebayoran yang terjadi pukul 07.05 WIB.

Dampaknya sejumlah perjalanan KRL mengalami keterlambatan. Namun demikian, pukul 07.55 WIB kejadian tersebut berhasil diatasi dan perjalanan KRL kembali normal.

“#InfoLintas Info Lanjut : Perbaikan persinyalan antara Stasiun Palmerah – Kebayoran telah selesai. Perjalanan KRL saat ini dalam proses penguraian kepadatan di lintas,” tulis akun twitter @CommuterLine.

Sementara itu, sekitar pukul 06.15 WIB sebuah mobil sedan menemper KA 1931 relasi Rangkasbitung-Tanah Abang di KM. 16+00 antara Stasiun Pondok Ranji-Stasiun Kebayoran. Sempat tertahan di lokasi, rangkaian KA 1931 kemudian dapat melanjutkan perjalanan hingga Stasiun Tanah Abang untuk dilakukan pengecekan.

KCI menekankan sesuai UU No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian menyebutkan bahwa penyelenggara prasarana perkeretaapian berhak dan berwenang mendahulukan perjalanan kereta api di perpotongan sebidang dengan jalan. Pasal 124 menyatakan bahwa : pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Dengan demikian KCI mengajak seluruh pengguna jalan untuk sama-sama menaati aturan tersebut agar kejadian serupa tak terulang kembali. (fhm)