Angkasa Pura 2

KSOP Tarakan Bagikan Life Jacket dan Sosialisasi 3M ke Nelayan

DermagaRabu, 23 September 2020
IMG-20200923-WA0007

IMG-20200923-WA0006

TARAKAN (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan bagikan life jacket dan Sosialiasi 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak)

Penyelenggaraannya dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 September, sekaligus memperingati Hari Maritim Nasional sekaligus melaksanakan Safety and Healthy Campaign 2020 di Pelabuhan Tarakan (23/9/2020).

Menurut Kepala Kantor KSOP Kelas III Tarakan, Agus Sularto penyelenggaraan Safety and Health Campaign bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV Cabang Tarakan, PT Pelni dan INSA ini merupakan bentuk perwujudan kepedulian dan perhatian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut beserta stakeholder terkait di Pelabuhan Tarakan terkait pentingnya memprioritaskan keselamatan dan kesehatan di saat kita semua masih harus menghadapi kondisi pandemi Covid-19.

“Selaras dengan motto Peringatan Harhubnas tahun ini yaitu “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia”, kami melakukan Safety and Health Campaign melalui bakti sosial dengan membagikan life jacket kepada para nelayan secara langsung di laut dan melalui perwakilan nelayan di Tarakan serta mengedukasi kewajiban memakai masker,” ujar Agus.

Selain itu, KSOP Kelas III Tarakan juga membagikan masker kepada masyarakat di Pelabuhan Tengkayu 1, sebagai bukti nyata dan wujud kepedulian seluruh insan maritim di Pelabuhan Tarakan.

“KSOP Kelas III Tarakan bersama stakeholder terkait lainnya di Pelabuhan Tarakan akan selalu bersatu serta bahu membahu untuk mendukung perwujudan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Agus juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus memastikan sarana dan prasarana baik di pelabuhan dan juga kapal-kapal yang beroperasi untuk melakukan kegiatan operasional sesuai protokol kesehatan Covid-19 di mana penyemprotan desinfektan dilakukan secara rutin sesuai prosedur protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat seperti 3M.

“Selain itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Tarakan juga akan terus memastikan agar para petugas yang berjaga di lapangan juga dilengkapi oleh Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai sehingga pelayanan ke masyarakat dapat terus berjalan dengan baik,” katanya.

Lebih jauh Agus menyampaikan bahwa keselamatan pelayaran merupakan prioritas bagi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut termasuk KSOP Tarakan, dan kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan keselamatan pelayaran tersebut.

“Oleh sebab itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat transportasi laut khususnya di Pelabuhan Tarakan dan sekitarnya untuk mendukung pelaksanaan Safety and Healthy Campaign 2020 ini agar keselamatan pelayaran dan aspek kesehatan dapat terus terjaga dengan baik yang pada akhirnya nanti penyebaran Covid-19 bisa terhenti dan dunia menjadi normal kembali untuk kehidupan yang lebih baik,” pungkas dia. (omy)