Angkasa Pura 2

Pimpin Wisuda Perwira di PIP Makassar, Dirjen Agus: SDM Transportasi Harus Andal

Dermaga SDMRabu, 23 September 2020
IMG-20200923-WA0048

IMG-20200923-WA0047

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Pimpin wisuda Perwira Pelayaran Niaga PIP Makassar, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H Purnomo menyampaikn bahwa sumber daya manusia (SDM) transportasi harus andal, inovatif dan berkarakter.

Hal ini sejalan dengan tema pada upacara wisuda, yaitu “Sumber Daya Manusia Sebagai Agen Keniscayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sektor Maritim di Era Tatanan Baru”.

Dirjen Agus mengatakan, dalam rangka menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, BPSDMP terus berusaha untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidikan dan kependidikan, pelayanan, serta melengkapi sarana dan prasarana guna membangun SDM yang berkarakter dan kompeten.

“Wisudawan sekalian harus mampu menjadi SDM transportasi yang profesional dengan terus beradaptasi dengan kemajuan IPTEK, saudara juga diharapkan dapat mewujudkan tersedianya pelayanan transportasi yang selamat, aman, dan nyaman sesuai dengan harapan masyarakat”, ujar Dirjen Agus di Makassar, Rabu (23/9/2020).

Dia juga menyampaikan pesan Bapak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam beberapa kesempatan, agar BPSDMP menjadi Lembaga pendidikan yang mampu beradaptasi dengan kondisi pandemi termasuk kebiasaan-kebiasaan baru dengan melakukan inovasi dan melahirkan invensi dalam penyelenggaraan pendidikan dengan memperkuat riset dan mutu perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan bahwa di era 4.0 saat ini Pemerintah mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia dengan menitik beratkan pada tiga hal, yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta mendorong link and match antara pendidikan vokasi dengan industri.

Dia menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada salah satu sekolah matra laut di lingkungan Kementerian Perhubungan, serta kepada para keluarga wisudawan atas kepercayaannya untuk mendidik putra dan putrinya di PIP Makassar.

“Selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan masa pendidikan. Saya berharap kalian tidak cepat berpuas diri dan terus berupaya mengembangkan kemampuan diri dengan menjadikan pendidikan yang telah ditempuh ini sebagai modal dasar dan langkah awal menuju ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris BPSDM Perhubungan, M. Popik Montanasyah yang turut hadir pada Wisuda Perwira Pelayaran Niaga PIP Makassar menyampaikan bahwa BPSDM Perhubungan dalam rangka menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini terus berusaha untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidikan dan kependidikan, pelayanan, serta melengkapi sarana dan prasarana.

“Hal ini guna menunjang agar dapat menghasilkan SDM transportasi yang memenuhi standar nasional maupun internasional untuk bersaing di pasar global,” ucapnya.

Dalam laporannya, Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Sukirno menyampaikan bahwa total jumlah wisudawan 712 orang.

“219 wisudawan berasal dari lulusan D IV Pelayaran Program Studi Nautika, Program Studi Teknika, dan Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan,” tuturnya.

Ada 100 wisudawan lulusan Program Pembentukan Diklat Pelaut Tingkat III Pembentukan yang teridir dari Program Studi Nautika dan Program Studi Teknika.

Terakhir 393 wisudawan lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat I, II, III, IV, dan IV yang terdiri dari dari Program Studi Nautika dan Program Studi Teknika.

Pelaksanaan wisuda dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. (omy)