Angkasa Pura 2

Pesawat Angkut Kokain Jatuh dan Terbakar di Guatemala

KokpitKamis, 24 September 2020
pesawat-jatuh-di-guatemala-01

Guatemala (BeritaTrans.com) – Sebuah pesawat jet jenis Hawker 800 yang dilaporkan dicuri dari Bandara Cuernavaca, Morelos, Meksiko, jatuh dan kemudian terbakar di ladang jagung di Guatemala, Rabu, 23 September 2020 waktu setempat.

Paket kokain, ponsel, senjata api, dan dua jenazah ditemukan di antara puing-puing pesawat yang hangus di Santa Marta Salinas. Pesawat jatuh saat mencoba mendarat di landasan pacu klandestin. Petugas tengah melacak kewarganegaraan dua korban yang tewas.

Sebelumnya, pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Mariano Matamoros Selasa, 22 September 2020 pagi waktu setempat, tanpa izin atau mengajukan rencana penerbangan.

Pejabat di Morelos mengatakan tiga pria yang mengenakan seragam pilot komersial melewati keamanan sekitar pukul 08:20 dan memasuki hanggar di Cuernavaca di mana mereka mengisi bahan bakar jet pribadi, membayar dengan kartu kredit. Satu dari tiga pria tersebut kemudian pergi.

Dua pria lainnya mematikan radio pesawat dan lepas landas, hampir menabrak pesawat lain dalam prosesnya.

Pesawat itu mendarat pada pukul 16.00 di bandara internasional di Zulia, Venezuela, sebelum lepas landas lagi pada pukul 17:50, dan menuju utara dengan membawa banyak kokain, kata pejabat Guatemala.

Otoritas militer Guatemala melacak rute pesawat dan pasukan militer di berbagai bagian negara langsung disiagakan.

Radar menunjukkan pesawat memasuki wilayah udara Guatemala pada pukul 20.00. Pesawat mencapai landasan yang dimaksudkan sekitar 30 menit kemudian di mana pesawat itu jatuh. (lia/sumber:medcom/ AFP PHOTO/Guatemala’s Army.)