Angkasa Pura 2

Besok, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka Gratis

KoridorJumat, 25 September 2020
penampakan-tol-pekanbaru-dumai-di-antara-kebun-sawit-2_169

Jakarta (BeritaTrans.com) – PT Hutama Karya (Persero) menyatakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau bisa dilalui secara gratis mulai Sabtu (26/9).

“Pascaperesmian hari ini oleh Presiden Joko Widodo, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan beroperasi mulai besok, Sabtu pukul 06.00 WIB secara gratis atau belum berbayar,” ungkap EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan dikutip dari Antara, Jumat (25/9).

Ia bilang pihaknya masih menunggu keputusan tarif Tol Pekanbaru-Dumai dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Artinya, tol tersebut akan terus gratis hingga ada arahan dari Kementerian PUPR.

“Belum berbayar atau gratis hingga diterbitkannya surat keputusan penentuan tarif tol oleh Menteri PUPR,” ujar Muhammad.

Kendati gratis, setiap masyarakat yang hendak menggunakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai harus melakukan tapping dengan menggunakan kartu uang elektronik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Kartu tersebut digunakan untuk membuka gerbang masuk dan keluar jalan tol tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan jalan tol lintas Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai. Peresmian ini dilakukan secara secara virtual di Istana Negara.

“Bismillah saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai,” tutur Jokowi.

Jokowi menyatakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131,5 kilometer (km). Total biaya yang digelontorkan untuk pembangunan tol tersebut sebesar Rp12,18 triliun.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 2.878 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh. Menurut Jokowi, jalan tol ini akan menjadi penghubung antara Pekanbaru dengan industri minyak dan agribisnis di Dumai. (lia/sumber:cnnindonesia)