Angkasa Pura 2

Berpenggerak 8X8, Monster Truk Shamans Asal Rusia Berbalut Ambulans Siap di Medan Manapun

OtomotifSaturday, 26 September 2020

thumb2_a76b3624b4989229142e5c7b28de447b

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Avtoros, perusahaan otomotif asal Rusia membuat kendaraan ekspedisi paling tangguh dengan tampang monster berpenggerak 8×8, Shamans ATV (All Terrain Vehicle).

Dan pada bulan Agustus 2020 silam, Avtoros menyegarkan monsternya dengan tampilan Ambulans Shaman-M yang dibangun di atas Shaman ATV sebagai keperluan layanan darurat.

Berlabel Shaman-M ATV, ambulans ini dirancang untuk bisa dibawa ke mana saja dan siap terjun ke medan manapun.

Kendaraan ini dilengkapi dengan volume interior yang besar dan memudahkan untuk tugas evakuasi pasien.

Selain pengemudi yang duduk di baris depan, kabin tengah mobil ini dapat menampung hingga 4 paramedis dan dua pasien.

Sisanya pada baris paling belakangnya bisa untuk menempatkan semua peralatan medis yang dibutuhkan untuk penanganan dalam perjalanan.

Mulai dari lampu interior khusus hingga defibrilator, elektrokardiograf, selimut termal, tandu, dan berbagai perlengkapan sejenis.

Semua kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman, juga perlengkapan tambahan seperti pemadam api, AC, pemanas dan ventilasi, serta lemari untuk perlengkapan medis.

Singkatnya, Shaman-M dibuat untuk mempertimbangkan fungsionalitas “sesuai dengan pesanan No. 388n dari Kementerian Kesehatan Federasi Rusia.

Selain ubahan kabin khusus sebagai ambulans, tidak ada perubahan yang dilakukan pada monster 8×8 ini.

Di atas kertas, Shaman ATV memiliki ground clearance tinggi 450 mm dari tanah dan suspensi independen pada masing-masing dari delapan roda.

Sebagai gambaran saja, salah satu mobil buatan pabrik terbesar di dunia adalah Chevrolet Suburban saja masih kalah besar dibandingkan dengan Shaman.

Perbandingan singkatnya, panjang dari Suburban mencapai 5,6 meter, Shaman bahkan mencapai 6,7 meter!

Shaman juga memiliki kapasitas derek yang mumpuni, hingga kemampuan amfibi alias bermanuver di darat maupun di air.

Namun dengan bobot hingga 4.000 kg, mesin ATV Shaman-M cuma bisa melaju hingga 71 km/jam di darat dan 6,9 km/jam di air.

Shaman memiliki beberapa drive mode, yang paling diandalkan adalah Crab Mode dan Thruster Mode.

Kedua mode ini sama-sama bisa dikendarai di tempat seperti lumpur dan bebatuan tanpa ada masalah berarti sekalipun dalam kondisi berat.

Soal mesin, truk monster yang mampu menampung bahan bakar 260 liter ini menggunakan mesin Iveco F1C 3,0TD, 176 dengan transmisi manual 6-percepatan.

Tertarik dengan monster ini? Avtoros banderol Shaman ambulans raksasa ini mulai dari $ 185.000 atau sekitar 2,74 miliar jika dirupiahkan. (amt/mobilkomersial.com/Foto: dok. autoevloution.com)