Angkasa Pura 2

Dirjen Laut: Kami Terus Perketat Pengawasan Prosedur Kesehatan di Pandemi Covid-19

Dermaga LitbangSelasa, 29 September 2020
IMG_20200929_180751

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo di Webinar Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menyatakan bahwa pihaknya terus memperketat prosedur kesehatan di pandemi Covid-19.

“Meski mungkin para pelaku di pelabuhan dan pelayaran sudah terbiasa, namun kami terus perketat pengawasan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) untuk menangkal Covid-19,” ujar Dirjen Agus, Selasa (29/9/2020).

Pihaknya di laut menjaga konektivitas barang dan penumpang, untuk barang sejak krisis hingga kini tidak ada perubahaan apa-apa, hampir kapal kargo semua berjalan walaupun ada Pemda yang menutup wilayahnya.

Namun diakuinya sempat pada Februari-April penumpang drop sekali dan sempat ada hambatan kapal kargo yang bareng penumpang.

“Kami ketat laksanakan protokol kesehatan, kami tetap melakukan itu, kapal penumpang ketat kita awasi terapkan protokol kesehatan,” ucapnya Webinar bertema “Strategi dan Pemulihan/Recovery Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan pada Saat dan Pascacovid-19″.

Pada masa pandemi ini, pihaknya juga berikan diskresi dan relaksasi sertifikasi kapal, perizinannya, kru kapal, dan lainnya.

“Kami berikan penundaan-penundaan diskresi, supaya kapal tetap bisa beroperasi dengan baik, bahkan kita maksimalkan sistem online,” imbuh Dirjen Agus.

Beberapa pelabuhan dikelola Pelindo ditambahkannya, sudah terapkan diskon tarif, agar bisa kompetitif dan pergerakan ekonomi tetap berjalan.

Tak hanya stakeholders, kata dia pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pengguna jasa agar terbiasa dengan kondisi saat ini.

“Kami koordinasi Bupati, Walikota, dan Gubernur pelan-pelan untul bisa tumbuhkan angkutan lebih baik lagi,” tutup Dirjen Agus. (omy)