Angkasa Pura 2

Balitbanghub: Dibutuhkan Sinergi demi Bertahannya Aktivitas Angkutan Logistik

LitbangKamis, 1 Oktober 2020
IMG-20200929-WA0015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti menyatakan, dibutuhkan sinergi antarpelaku usaha agar angkutan logistik dapat bertahan hidup dan tumbuh baik di masa pandemi maupun pascapandemi Covid-19.

Pemerintah dan masyarakat kata dia, harus bekerjasama dalam tiga tahapan untuk menyelamatkan kehidupan, kesehatan, dan mata pencaharian.

“Tahapan pertama yakni bertahan dan menekan yang kuncinya terletak pada Indonesia sehat,” tutur Umiyatun dalam webinar Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan bertajuk “Strategi Pemulihan Angkutan Logistik pada Masa Pandemi Covid-19” Kamis (1/10/2020).

Saat ini, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berkegiatan perlunya mempertahankan dan menaikkan tingkat konsumsi masyarakat agar roda pertumbuhan ekonomi dan investasi terus bergerak.

Tahapan kedua, bertarung untuk pulih yang kunci utama ada pada Indonesia bekerja. Masyarakat tetap bekerja di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan cara disiplin mengikuti protokol kesehatan.

“Diharapkan kegiatan bekerja dan daya beli masyarakat menengah ke bawah bisa meningkat sehingga menggerakan daya konsumsi masyarakat lebih besar lagi dan mengundang investasi,” ucapnya.

Tahapan ketiga, adalah masa transformasi bertumbuh. Kuncinya Indonesia bertumbuh dan bertransformasi. Pada masa pascapandemi diharapkan terjadi transformasi sosial ekonomi baik dari investas transformasi digital dan sumber daya manusia semakin terampil.

“Ada banyak kesempatan yang bisa dihasilkan walaupun dalam kondisi sulit,” imbuh dia.

Umiyatun menambahkan, masa pandemi ini sangat tidak stabil karena kegiatan ekonomi, kapasitas utilisasi dan produktivitas belum pulih.

Malah kemungkinan yang terjadi adalah defisit dan utang kian meningkat. Namun di saat bersamaan, Indonesia juga bertarung untuk mencapai tujuan di masa kemenangan dengan cara pro aktif dan mempersiapakan re-emerging, re-desgin reform dan mendorong leading sector. (omy)