Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Beroperasi Awal Tahun 2015

  • Oleh :

Minggu, 19/Janu/2014 15:38 WIB


BANDUNG (beritatrans.com) - Proyek pengembangan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, masuk proses tender. Dengan biaya investasi Rp150 miliar, terminal baru bandara tersebut diharapkan bisa beroperasi mulai awal tahun 2015.

"Berbagai aspek mengenai perizinan pengembangan bandara sudah diselesaikan, termasuk di dalamnya izin dari TNI AU dan Lanud Husein Sastranegara," ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri Sunoko kepada beritatrans.com.

Baca Juga:
Aerocity Bandara Kertajati Unggul di Konektivitas Darat dan Udara

Demikian hal desain sudah lama dirampungkan. Saat ini, manajemen PT Angkasa Pura II masih memproses tender pekerjaan pembangunan bandara. Tender tersebut diharapkan segera tuntas bulan ini.

Secara terpisah, Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT Angkasa Pura II salahudi Rafi mengemukakan proyek itu akan membangun terminal baru dengan luas 12.000 meter. Bila ditambah terminal lama seluas 5.000 meter maka Bandara Husein. Sastranegara akan memiliki terminal seluas 17.000 meter.

Baca Juga:
Jelajah Segitiga Rebana III: Pintu Aerocity Kertajati untuk Investor Terbuka Lebar

Dengan terminal seluas itu, Rafi mengemukakan Bandara Husein dapat menampung hingga 3,4 juta penumpang per tahun. Saat ini, kapasitas hanya 600.000 penumpang per tahun. "Padahal data tahun 2013 tercatat sudah 2,4 juta penumpang," ujarnya.

PEBISNIS MALAYSIA
Dia mengemukakan Bandung memang terus menarik perhatian pebisnis dan pelancong dari dalam dan luar negeri. "Air Asia paling atraktif untuk terbang ke Bandung. Karena terus menaik demand dari pebisnis dari negeri jiran tersebut," jelasnya.(aw)

Baca Juga:
Bandara Husein Sastranegara Terapkan Protokol Kesehatan Ketat