2016, AirAsia X Layani Perjalanan Umrah dan Haji

  • Oleh :

Sabtu, 04/Jul/2015 12:20 WIB


JAKARTA (beritatrans.com) -- PT Indonesia AirAsia Extra (X) akan meramaikan tender penerbangan haji tahun depan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Rencana tersebut dilakukan manajemen perseroan usai memperoleh izin terbang ke Jeddah dari otoritas penerbangan sipil Arab Saudi (GACA) pada 1 Juni 2015.Presiden Direktur Indonesia AirAsia X Dendy Kurniawan mengaku proses yang dilalui maskapainya untuk mendapat izin dari GACA tidaklah mudah.Diperolehnya izin melayani rute JakartaJeddah membuat Indonesia AirAsia X dapat menyediakan penerbangan hemat berkualitas bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan umroh dan haji. Kami akan menghadirkan pelayanan berkualitas sehingga bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk menuju Tanah Suci, ujar Dendy dikutip dari keterangan pers, Sabtu (4/7/2015).

"Diperolehnya izin melayani rute JakartaJeddah membuat Indonesia AirAsia X dapat menyediakan penerbangan hemat berkualitas bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan umroh dan haji."
Penerbangan Indonesia AirAsia X untuk rute JakartaJeddah dilakukan dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.Sementara itu, penjualan tiket JakartaJeddah untuk masyarakat yang hendak umroh maupun menunaikan ibadah haji pada November 2015 akan diumumkan dalam waktu dekat. Nantinya Indonesia AirAsia X akan melayani penerbangan berdurasi 10 jam 30 menit ini sebanyak lima kali dalam seminggu. Rute JakartaJeddah memiliki potensi sangat besar. Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Muslim mencapai sekitar 200 juta orang atau yang terbesar di dunia, kata Dendy.Dari angka tersebut, Indonesia AirAsia X memperkirakan setiap tahunnya sebanyak lebih dari 1 juta orang Indonesia menjalankan ibadah umroh.
Rute JakartaJeddah memiliki potensi sangat besar. Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Muslim mencapai sekitar 200 juta orang atau yang terbesar di dunia."
Penerbangan langung JakartaJeddah akan dioperasikan anak usaha AirAsia Berhad Malaysia itu menggunakan Airbus A330-300 dengan konfigurasi dua kelas yaitu 12 kursi Premium Flatbed dan 365 kursi kelas ekonomi.Dengan diluncurkannya rute baru ini, Indonesia AirAsia X resmi mengoperasikan sebanyak tiga rute penerbangan jarak jauh setelah sebelumnya melayani DenpasarTaipei pada Januari 2015 dan DenpasarMelbourne pada Maret 2015. (fenty)