DKP Usul Pelebaran Dermaga Perikanan Sorong

  • Oleh :

Minggu, 06/Okt/2019 18:04 WIB


PAPUA BARAT (BeritaTrans.com) - Pelebaran pada dermaga pelabuhan perikanan antara 20-25 meter diusulkan oleh pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua Barat melalui UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong.Menurut kepala UPTD Perikanan Pelabuhan Pantai Sorong, Farian K Sulaeman SPel MM, usulan itu disampaikan DKP Papua Barat saat dia ditugaskan Kepala Dinas DKP Papua Barat untuk memaparkan rencana program 2020 di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Mudah-mudahan bisa diterima dan direalisasikan," ujarnya, Sabtu (5/10/2019).
Penambahan itu dibutuhkan karena jumlah kapal ikan di bawah 30 GT semakin banyak, menyusul moratorium larangan operasi kapal eks asing 30 GT dan trawl oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan medio 2014 lalu.
"Saat ini ada 200-300 kapal ikan dibawah 30 GT disini," jelasnya.
Larangan tersebut membuat para pengusaha perikanan lokal semakin semangat dalam mencari ikan di fishing ground. Maklum, dengan sumberdaya perikanan laut yang sangat banyak, hasil yang diperoleh relatif sangat memuaskan."Rata-rata hasil tangkapan paling sedikit, saat cuaca kurang baik, adalah 500 kg ikan per kapal," jelasnya.Ia juga mengatakan UPTD-nya berupaya melayani kapal ikan yang masuk kapan pun itu, bahkan bisa dikatakan layanan 24 jam. Itu harus dilakukan karena lama cepatnya proses bongkar ikan sangat berpengaruh pada nilai jual ikan tangkapan nelayan. [dan/papuakini.co/foto: ist]