KSOP Kepulauan Seribu Gandeng STIP Jakarta akan Buka Diklat Gratis untuk Awak Kapal Tradisional

  • Oleh :

Rabu, 12/Feb/2020 14:57 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memberdayakan masyarakat terus berlangsung di jajaran unit pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.Rencananya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kepulauan Seribu dan STIP Jakarta akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) gratis bagi awak kapal Kepulauan Seribu untuk mendapatkan sertifikat BST KLM dan SKK 60.Hal itu bisa terlihat ketika berlangsung penandatanganan kesepakatan kerja sama Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Amiruddin MM dan Kepala KSOP Kepulauan Seribu, Hanif Kartika Yudha, S.Sos. M.MTr dalam rangka melangsungkan pendidikan dan latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Program Pelatihan BST KLM dan SKK 60, Selasa (11/2/2020).Menurut Hanif Kartika Yudha, peserta diklat adalah warga Kepulauan Seribu yang menjadi awak kapal motor nelayan dan kapal tradisional.

Karena sampai saat ini masih banyak yang membutuhkan kelengkapan sertifikat keahlian dan keterampilan untuk kegiatan operasional kapal mereka, ungkap Hanif.
Waktu dan pelaksanaannya belum dijelaskan, karena untuk tahap awal akan dilakukan berbagai persiapan terkait para peserta dan jadwal diklat.(ahmad)