Pramugari Jatuh dari Pesawat Airbus A320 Gegara Kesalahan Komunikasi

  • Oleh :

Jum'at, 30/Okt/2020 08:56 WIB


HELSINKI (BeritaTrans.com) - Penyelidik Finlandia mengungkapkan komunikasi buruk mengenai sinyal ke kendaraan darat menyebabkan pramugari jatuh dari tangga bergerak saat ditarik dari Airbus A320 Finnair.Pramugari itu terluka parah dalam kecelakaan setinggi 3,5 meter di Bandara Vantaa, Helsinki.Otoritas Investigasi Keselamatan Finlandia mengemukakan setelah penumpang turun, seorang awak kabin memberi sinyal kepada pengemudi tangga untuk mundur dari pintu belakang kiri pesawat.Namun kendaraan tangga tersebut tidak bisa langsung bergerak karena terhalang bus yang sedang menunggu pesawat.

Penyelidik menyatakan awak kabin senior menyadari bus tidak bergerak, dan bertanya kepada kru apakah pengemudinya telah diberi izin kepada kendaraan pengangkut tangga untuk bergerak. Dia tidak menyadari bahwa izin sudah diberikan. Peamugari itu lalu membuka pintu kiri belakang dan melangkah ke tangga, untuk melihat bus.
Saat pramugari melangkah kembali ke dalam pesawat, tangga kendaraan menjauh, dan dia kehilangan keseimbangan sehingga jatuh ke apron.Hanya [satu awak kabin] yang mengetahui bahwa tanda [semua aman] telah diberikan, yang berarti bahwa kesadaran situasional awak tidak pada tingkat yang sama, ungkap hasil penyelidikan peristiwa pada pada 13 Januari 2020 tersebut.Analisis oleh penyelidikan juga menemukan bahwa - selama 2015-20 - sekitar 50 kejadian yang melibatkan pengoperasian pintu pesawat, kendaraan tangga atau jembatan penumpang terjadi di Finlandia, tetapi klaim tersebut menyatakan bahwa tidak ada tindakan signifikan yang telah diambil.(jasmine/sumber: flightglobal.com).